Jumat, 15 Juni 2012

PROPOSAL ROTI BAKAR TARI


KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan Puji syukur Kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat dan Nikmat Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Usaha Roti Bakar Bohai ini dengan baik dan lancar. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini tidak lepas dari kesulitan-kesulitan sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan-kesalahan Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya sehingga tersusunnya proposal ini.
kepada: selaku Bapk kepala sekolah dan dan Bpk Ibu Guru, selaku pembimbing Orang tua, yang selalu pemberi motivasi dan dorongan Rekan-rekan.

LATAR BELAKANG


Dasar gagasan usaha Dengan melihat perkembangan zaman akhir-akhir ini banyak masyarakat yang berniat untuk mendirikan suatu usaha, disini penulis akan memperkenalkan produk yang penulis dirikan yaitu roti bakar dimana usaha yang penulis didirikan adalah suatu usaha yang disukai banyak orang.
Disamping itu usaha juga memiliki rasa yang manis, enak dan lezat, karena setiap manusia cendrung pada rasa dan bentuk produk yang menarik, produk ini tidak hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan tetapi juga untuk membantu mengurangi adanya pengguran.

1.      Tujuan usaha Roti Bakar Bohai ini adalah :
a.    Diharapkan dapat membantu meningkatkan beban masyarakat dalam memproduksi makanan
b.    Dengan adanya usaha ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat

2.      Manfaat
Usaha roti ini dapat memberikan rasa yang nikmat pada setiap gigitan

INFORMASI UMUM

1.      Nama perusahaan : Home Swite
2.      Pemilik perusahaan : Anis Nur. M
3.      Bidang usaha : Home industri
4.      Lokasi usaha : Jln. Pegandon. Kab. Kendal
5.      Jumlah tenaga kerja : 6 orang
Mamfaat : Roti ini sangat efektif dalam memberikan energi tubuh manusia disamping itu jugamem berikan kesan yang menarik pada acara pesta atau acara lainnya




ASPEK PRODUKSI

Produksi ini diproduksi dengan spesifik tanpa bahan pengawet, sehingga asli kemurnianya.
Proses dalam pembuatan Roti Bakar Bohai ini adalah sebagai berikut:
Bahan-Bahannya :
1.      Tepung terigu
2.      Garam, gula, vanile, spekuk. peren, susu, keju, mentega dan bumbu-bumbu lainya yang diperlukan, Cara pembuatannya.
3.      Aduk tepung bersamaan dengan bumbu-bumbunya hingga merata, di dalam suatu wadah
4.      Tepung yang sudah di aduk dimasukan ke dalam cetakan, setelah itu langsung dibakar
5.      Tunggu beberapa menit tepung yang sudah dimasukan ke dalam cetakan akanmatang dan menjadi roti yang dinamakan Roti Bakar Bohai
6.      Setelah matang roti tersebut siap disajikan dan dijual si pasaran. 

ASPEK PEMASARAN

Gambaran umum pasar
Pasar yang dituju dalam produksi usaha ini adalah semua kalanganmasyarakat secara induvidu,sedangkan kemasan yang digunakan adalah kemasan yang berukuran sederhana. karena dengan ukuran tersebut dapat dijangkau oleh konsumen manapun. Keunggulan produk ini terletak pada rasa, bentuk produk, dan kemasan yang ditawarkan Strategis pemasaran yang digunakan oleh pemilik adalah selalu mempertimbangkan pengembangan produk sesuai permintaan konsumen,baik darisegi mutu, kualitas serta kemasan dan penempatan harga yang sesuai denganproduk yang ditawarkan.
Penetapan harga jual Harga jual Roti Bakar Bohai ditetapkan dengan menghitung harga pokok produk ditambah biaya yang dikeluarkan untuk roti bakar bohai yang sudah dalam kemasan dapat ditetapkan harga sebagai berikut:
Penjualan 1 buah roti bakar bohai Rp. 3.000

Perkiraan Laba
Perkiraan laba yang dihasilkan dalam pembuatan roti bakar bohai dengan membandingkan harga jual produk dengan harga pokok produk adalah sebagaiberikut :
Rencana penjualan 400 buah roti bakar bohai Rp 2.800 x 3.000 = 8.400.000 / bulan

Uraian Modal
Tepung terigu 15 kg x 6000    = Rp 90.000
Biaya bahan pembantu            = Rp 150.000c)
Gula 8 kg x 11.000                 = Rp 88.000d)
Gaji karyawan 500.000 x 6     = Rp 3.000.000e)
Beli alat                                   = Rp 1.150.000f)
Biaya konsumsi & transportasi = Rp 200.000JumlahLaba = harga jual - modal= 8.400.000 - 4.678.000 = 3.722.000 Perkiraan laba dalam penjualan 2.800 buah roti bakar bohai setiap bulan adalah 3.722.000

ASPEK PENGEMBANGAN USAHA
A.    Faktor
Pendukung dan penghemat Unsur yang menjadi faktor pendukung dari pengelolah roti bakar bohai ini adalah ketersedian bahan yang mudah diperoleh.sementara yang menjadi faktor kesulitan dalam pengadaan kemasan yang dibuat dari plastik sehingga kemasan yang digunakan selalu berganti-ganti.

B.     Rencana
Ttindak lanjut usaha Untuk pengembangan usaha kedepannya penulis berusaha akan memperbaikankualitas produk, penetapan harga,pemasaran,promosi yang digunakan adalah seperti yangdigunakan adalah seperti spanduk,pamplet dan surat kabar.


 
BAHAN:
  • 6 lembar roti tawar
  • 2 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • 100 gr meses cokelat
  • 100 gr keju parut

CARA MEMBUAT:
  1. Olesi seluruh permukaan roti dengan margarin, lalu panggang di atas pan hingga kecokelatan, angkat.
  2. Oles satu lembar roti dengan susu kental manis lalu taburi dengan meses dan keju, tangkupkan dengan roti yang lainnya.

PENUTUPAN


A.    Kesimpulan
Kebiasaan manusia dari hari ke hari tidak selalu tidak selalu tetap karena usahayang berdiri. Disini penulis mendirikan sebuah usaha makanan yaitu usaha “Roti Bakar Bohai” roti bakar ini adalah semacam usaha makanan yang memiliki rasa yang manis, enak dan lezat yang bisa menarik minat konsumen

B.     Saran
Dengan kondisi ekonomi disaat ini diharapkan banyak bermunculan wirausaha muda yang sudah bisa berfikir beranjak dewasa bagaimana melihat peluang usaha yang berkembang disekitar wilayahnya. Untuk perkembangan pemerintahan diharapkan memberikan dukungan penuh terhadap wirausahawan yang ingin membuka usaha baru.




PROPOSAL

ROTI BAKAR LESTARI

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlwzNpnAGZj7u0xHkQ-urqNejVulZzzRGncIRsvAkHHNDM9LLf9w


Tidak ada komentar:

Posting Komentar